20090608

Pertamina Tuntut Pengurangan Dividen ke Pemerintah

JAKARTA - Pembangunan kilang (refinery) menjadi salah satu agenda bisnis utama Per­ta­mina saat ini. Untuk memuluskan agenda tersebut, segala cara un­tuk memobilisasi dana pun di­tem­puh. Termasuk meminta p­eng­­urangan setoran dividen.

Vice President Komunikasi PT Per­­tamina Basuki Trikora Putra me­ngatakan, saat ini pihaknya telah me­ng­ajukan penawaran pe­ng­u­rang­an dividen kepada pe­­me­rintah, un­tuk memuluskan ren­cana pem­­ba­ngunan kilang. ''Kami propose ke pemerintah, karena ba­ngun ki­lang tidak murah,'' ujarnya akhir pe­kan lalu.

Menurut Trikora, pengurangan dividen merupakan salah satu opsi dari opsi-opsi lain yang akan ditempuh Pertamina. ''Ini untuk memberikan bayangan tentang rencana pembangunan kilang Banten dan Tuban. Karena itu, kami sudah mengajukan insentif ke pemerintah,'' katanya.

Terkait usulan pengurangan dividen, Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu mengatakan, saat ini hitung-hitungan setoran dividen masih dimatangkan, sehingga belum ada keputusan apakah pihaknya akan menyetujui usul tersebut.

Yang jelas, kata dia, target setoran dividen tahun ini sebesar Rp 26,1 triliun harus dipenuhi. ''Tahun ini, dividen perbankan dikurangi karena mereka butuh penguatan modal. Itu harus ditutup oleh BUMN lain. Inilah yang kini masih dimatangkan.'' (owi/bas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar