20090619

Opera Unite, Ubah PC Jadi Server Web

Opera baru saja meluncurkan layanan Opera Unite, menjanjikan untuk "mendemokratisasi sistem awan', demikian menurut CEO Jon von Tetzchner. Menggunakan sebuah versi khusus dari browser Opera, Opera Unite mengubah setiap komputer pribadi (berbasis OS apapun baik Windows, Mac OS X, atau Linux) menjadi web-server yang mudah digunakan.

Tinggal jalankan browser, log in dengan ID Opera beradasar akun teregister, instal beberapa layanan dan tautan share dengan teman, atau mebuat layanan privat dan akses terpisah kedalam PC, semua terserah anda.

Layanan yang tersedia saat ini hanya berupa layanan dasar, seperti file sharing, photo sharing, media player, dan chat server. Namun seorang analis produk Opera, Lawrence Eng, seperti yang dilansir oleh IT World, menyebut semua itu sekedar demonstrasi awal sederhana, masih banyak lagi yang akan keluar.

Sebagai tambahan, web developer dapat berkreasi dan menciptakan layanan mereka sendiri dan melakukan upload data ke pusat penyimpanan Opera untuk berbagi dengan yang lain. Di sana ada layanan primer tersedia untuk membantu para pengembang web untuk memulai. Meski menjanjikan, namun tak berarti layanan tersebut tidak mengundang kewaspadaan.

"Opera Unite adalah konsep menarik, tetapi saya memiliki pendapat campur aduk. Perhatian utama, tentu saja, masalah keamanan," ujar Lawrence. "Setiap kali anda mengundang publik masuk ke dalam mesin personal, pasti anda ingin sangat memastikan jika aplikasi untuk melakukan itu menjamin keamanan," katanya.

Opera sendiri, menurut beberapa asumsi awal, dianggap telah mengantisipasi isu tersebut. "Jadi saya pikir saya biarkan layanan tersebut bekerja beberapa minggu untuk memastikan, sebelum saya pakai dalam jangka panjang," imbuh Lawrence,

"Isu kedua yang menjadi perhatian saya adalah bandwith. Ketika saya mengupload foto ke flickr, saya tidak peduli ketika tiba-tiba salah satu dari foto-foto itu menjadi terfavorit terkni di internet," ujar Lawrence.

"Itu terserah pada admin flickr untuk mengelola dan khawatir terhadap bandwith yang digunakan ribuan orang yang tiba-tiba ingin melihat foto kucing saya. Namun jika ribuan orang itu mengakses foto di komputer rumah saya, bandwith saya tiba-tiba akan menjadi tangki dan ISP saya mungkin akan mengomel," paparnya.

"Tentu saja saya akan mematikan layanan tersebut," kata Lawrence "Namun itu tak lantas menghentikan segera para klien yang mengakses IP address untuk mencari image, tak pula lantas membuat kucing saya menjadi terkenal," imbuhnya.

Opera memang menjamin mayoritas pengguna bila hal-hal yang dikhawatirkan seperti tadi tidak bakal pernah menjadi masalah. Namun mengapa meninggalkan mesin untuk berbagi file dengan sedikit teman ketika di sana ada banyak layanan gratis yang memungkinkan melakukah hal serupa tanpa tagihan sepeser pun?

Namun cukup menarik untuk melihat layanan unik apa yang datang dari Opera. "Mungkin bila Unite menawarkan sesuatu yang tidak dapat kita peroleh dari layanan manapun, saya akan lebih terkesan," ujar Lawrence. Ia tak berlebihan, layanan macam file sharing dan chat service, sama sekali bukan hal baru. (itz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar