20090608

KOPBUM(Kopi Pasak Bumi) produk LangsaT

Produk LangsaT 2008 Khasiat dan keunggulan dari KOPBUM (Kopi Pasak Bumi)
Cap Langsat


Komposisi KOPBUM pruduk LangsaT
Kopi bubuk 73%
ekstrak Pasak Bumi 23%
Campuran lain 3%

Kopi atau coffee.
Kopi adalah minuman masyarakat dari jaman dulu kala, penulis belum dapat memastikan kapan dan siapa yang pertama kali menggunakan kopi sebagai minuman. Namun menurut informasi yang didapat, kopi pertama kali digunakan untuk diminum pada abad 3 Masehi dan ada juga meyakini 900 Tahun Sebelum Masehi. Namun ada sebagian meyakini juga kopi dikenal pada abad ke 3 tersebut pada saat pengembala asl Etopia yang biasa disebut Kaldi, memperhatikan kumpulan Kambing bertingkah hal layaknya anak kecil setelah mereka memakan biji kopi merah. Pengembala tersebut berbagi cerita dengan seorang Biara Pria dan akhirnya menguji khasiat dari kopi tersebut. Awalnya biji kopi dibasahi air hangat dan diiringi dengan doa-doa sehingga dapat terjaga dari tidur sampai beberapa jam.
Kopi didaerah Tabalong diyakini adalah peninggalan atau asal mulanya dibawa oleh Belanda dan Kopi tersebut sering disebut Bio Kopi. Kopi diTabalong termasuk komoditi, kopi ditanam digunung-gunung, pekarangan rumah atau dibelakang rumah sebagai menutupi lahan kosong saja. Namun sangat disayangkan komoditi ini kurang dikembangkan oleh pihak yang terkait. Alasan yang biasa adalah karena pasar dari kopi tersebut tidak menjanjikan.

Pasak Bumi atau (Eurycuma longifolia Jack)
Pasak bumi banyak tumbuh didaerah bukitan Tabalong dan tanpa dirawat dan ditanam tumbuh sendiri. Akar yang mencengkram bumi tidak penah dapat diambil sepenuhnya dan sisa akar tersebut akan membentuk pohon baru. Belum lagi buah yang jatuh sehingga membentuk pohon baru lagi.

Khasiat kopi Pasak bumi
Kopi Pasak bumi akan berhasiat selain membantu tubuh dalam anti oksidan juga dapat anti malaria, pagal-pegal karena kelelahan serta kerusakan sel dan organ tubuh lain apabila pemakaian sesuai takarannya. Ada beberapa Penelitian kopi yang sudah dilakukan para ahli di dunia ini namun diantara peneliti tersebut menyatakan hasiat kopi dan pasak bumi adalah bagus. Penelitian yang mendasari antara lain:

Kopi pernah diteliti oleh orang Amerika sebagai gudangnya anti oksidan, Kemungkinan memberi efek Positif bagi kesehatan dari pada menkonsumsi buah-buahan dan sayur mayur. Merurut kepala penelitian Prof. Joe Vision dari Scanton University di Pensylvania kopi urutan tertinggi anti oksidan dari urutan dibawahnya Teh hitam, pisang, kacang-kacangan kering dan Jagung. Anti oksidan yang membantu membuang zat-zat radikal berbahaya bagi tubuh, melekul perusak yang menyebabkan kerusakan sel-sek DNA. Kopi juga juga melindungi dan mengurangi dari gagal jantung, kanker hati dan usus, diabetes dan parkimsion. Namun menurut Vinson menyarankan dalam satu hari hanya mengkonsumsi 1 sampai dengan 2 cangkir perhari (Sumber ; www.kapan lagi.com)

Adapun khasiat dari akar pasak bumi tersebut menurut Riset IPB (Institut Pertanian Bandung) dapat melindungi organ hati dari kerusakan. Selain dari tersebut Pasak Bumi juga diyakini meningkatkan seksual laki-laki, tonikum alami untuk ibu-ibu yang baru melahirkan,Pengobatan pembengkakan kelenjar, demam dan disentri. Namun menurut Ruqiah Ganda Putri Panjaitan mahasiswa S3 Program studi Biologi Sekolah Paska Sarjana IPB telah menguji pada Tikus. Dengan ramuan Ektrak pasak bumi berkhasiat sebagai disfunsi seks, anti malaria dan sitotoksik. Pada tikus yang dikonsumsikan 500 miligram/berat badan selama 3 bulan, terjadi kerusakan hati yang mana tikus tersebut diberi 0;1, 1;1 dan 10,0 mililiter perkilogram berat tubuh. Dan tikus yang sudah keracunan sembuh dalam waktu 3 bulan dengan konsumsi 500miligram perkilo berat badan. (Sumber Web blog : anekaplanta.wordpress.com)

Oleh sebab itu Organisasi Masyarakat LangsaT (Langkah Menuju Sejahtera Tabalong) mencoba mengembangkan dan membuka pasar agar kopi tersebut dapat menjadi pendamping dari Karet sehingga dapat menambah pengahasilan Rumah Tangga. Dan tak kalah pentingnya dapat mejaga kesehatan bagi penikmatnya.
Semoga usaha kita dapat diRidhai Yang Kuasa dan berkah bagi kita semua. Amin

LangsaT MARET 2008

1 komentar:

  1. kami sudah mencoba kosakmi dari Tabalong dan belum mencoba kopbum. boleh minta foto produknya ? dari roefa@telkom.net

    BalasHapus