20090608

Daya Saing Ekonomi Indonesia Meningkat ke Posisi 42

Hasil Stress Test Lebih Tahan Krisis

JAKARTA - Meskipun masih kalah jauh dibanding Singapura, Malaysia, dan Thailand, Indo­ne­sia dinilai berhasil me­ningkatkan da­ya saing secara signifikan. Ber­da­sarkan data IMD World Com­petitiveness Yearbook 2009, peringkat daya saing Indonesia meningkat sembilan level ke posisi 42 dibanding sebelumnya 51.

Menurut data lembaga yang ber­basis di Swiss itu, peningkatan daya saing ekonomi Indonesia cu­kup spektakuler dengan mem­peroleh nilai 55,47. Sedangkan pe­­ringkat pertama ditempati Ame­rika Serikat (AS) dengan skor 100. Dalam laporan IMD, In­donesia berada dalam ke­lompok negara pasar sedang ber­kembang lain seperti Brazil. Peringkat Indonesia juga lebih lebih baik dari Filipina, Meksiko, Afrika Selatan, dan Rusia.

Wakil Ketua Kadin Bambang Soesatyo mengatakan, peringkat daya saing ekonomi Indonesia akan jauh lebih baik jika kinerja segmen UMKM dan konsumsi ma­syarakat bisa terjaga. "Pe­ngalaman sudah membuktikan itu," kata Bambang kemarin (7/6). Dia menambahkan, kinerja UMKM saat ini terus menurun. Dia berharap pemerintah tetap memperhatikan sektor tersebut.

IMD merupakan lembaga pendidikan bisnis berskala global yang berbasis di Lausanne, Swiss. Lembaga tersebut me­me­ringkat potensi daya saing di 57 ne­gara. Peringkat tersebut mengacu hasil daya saing eko­no­mi masing-masing negara ber­dasarkan data 2008. IMD me­nyatakan, peringkat tersebut mem­perlihatkan ba­gaimana ne­gara dan bisnis di­ke­lola untuk me­raih ke­mak­muran yang lebih besar.

Dari daftar yang dirilis, pe­ring­kat Indonesia masih di bawah Thai­land (26), Tiongkok (20), dan Malaysia (18). Indonesia juga masih kalah jauh dari Singa­pura (3). Negara kota itu tahun lalu berada di peringkat 2. Tahun ini peringkat itu ditempati Hongkong. Penentuan peringkat didasarkan pada 329 kriteria. Sebagian besar merupakan indikator statistik. IMD juga mendasarkan pada indikator persepsi yang diperoleh melalui wawancara.

Indikator yang dinilai IMD me­­ningkat di Indonesia adalah efi­siensi pemerintah, dari pe­ringkat 38 menjadi 31. Indikator efi­siensi bisnis juga meningkat dari 44 menjadi 38 pada tahun ini. In­frastruktur masih menjadi masalah utama bagi daya saing ekonomi domestik. Fasilitas infrastruktur Indonesia masih buruk, yakni dari peringkat 51 tahun lalu menjadi 53 pada 2009.

Indonesia juga dinilai relatif ta­han dalam menahan gejolak krisis ekonomi dunia. Hasil stress test yang dilakukan IMD me­nunjukkan Indonesia berada di peringkat 33. Indikator yang dinilai adalah faktor pemerintahan (peringkat 26), proyeksi ekonomi (33), bisnis (36), dan peran masyarakat di peringkat 33.

Membaiknya citra bisnis Indonesia juga terlihat dari Laporan Tinjauan Moneter Juni 2009 yang dirilis Bank Indonesia pekan lalu. Hingga akhir Mei 2009, BI menyimpulkan Indonesia tetap mencatat sebagai tempat investasi portofolio paling menguntungkan di kawasan regional. Penurunan BI Rate yang intensif sejak akhir tahun lalu tidak signifikan mengurangi daya tarik instrumen investasi di dalam negeri.

Laporan BI menunjukkan, selisih imbal hasil (yield spread) antara surat utang negara (SUN) dan US Treasury per akhir Mei 2009 mencapai 6,95 persen, tertinggi di Asia. Filipina di urutan kedua sebesar 4,36 persen, Thailand, Malaysia, dan Singapura di bawah 1 persen. Yield spread antara Indonesia global bond dan US T-Note 10 tahun juga masih tinggi, mencapai 4,32 persen. (sof/kim)

1 komentar:

  1. Saatnya punya blog dgn www sendiri

    Bagi yang sudah punya blog di www.blogspot.com (Google Blogger), kini Anda bisa mempunyai blog dengan nama domain sendiri (www.namamu.com) hanya dengan Rp400 ribu/ tahun.

    Anda bisa memiliki web blog dengan nama domain sendiri, dengan harga murah serta fitur Blogspot untuk mengatur dan meng-update Blog Anda.

    Bagaimana cara memiliki paket Blogspot ini?

    1. Registrasi di Persbiro.com
    • Buka www.persbiro.com klik pada menu: Hubungi Kami
    • Isi data diri Anda, tambahkan URL Blogspot Anda: www.namaku.blogspot.com.
    • Lakukan pembayaran Rp400 ribu (ke no. rek. yang muncul)

    2. Panduan teknis dari Persbiro

    Jika Anda belum mempunyai account Blogspot, silakan buat account terlebih dahulu di https://www.blogger.com/start dimana URL Blogspot ini yang diisikan saat registrasi di www.persbiro.com.

    Setelah account Blogspot Anda aktif, hubungi webmaster@persbiro.com atau pelayanan 24 jam di 0818-08357232 untuk aktivasi lengkap.

    3. Setelah aktivasi lengkap, silakan tunggu resolve DNS sekitar 12-48 jam sebelum web blog Anda bisa diakses.

    Selesai!


    Website Rp1 juta untuk 10 org pertama

    Spesifikasi Brosur Web instant
    • Kontrak: Rp1 juta/tahun
    • Nama domain: ya
    • Desain website: ya
    • Konten: 5 hal.(home, produk, profil, kontak, ekstra)
    • Subdomain: 5
    • Mailbox: 5
    • POP3Email: 5
    • Email forwarding: 5
    • Antispam: ya
    • Contact form: ya

    3 Langkah mudah:
    • Mengisi formulir pemesanan di http://www.persbiro.com/feedback/feedback.php
    • Memilih nama domain dan desain
    • Melakukan pembayaran Rp1 juta (ke no. rek. yang muncul)
    • Selesai!

    Infojasa Persbiro Nusantara
    Pob: Haji Ramin 38 Radar AURI, Mekarsari, DPK 16952
    Eml: webmaster@persbiro.com
    Tel: 021-94197677
    Cel: 0818-08357232 (direct)
    SMS: 0882-10536693
    Web: www.persbiro.com

    (Forward ke kerabat atau sahabat / simpan jika sewaktu2 perlu)

    BalasHapus