20090814

Pagi Rupiah di Posisi 9.930


JAKARTA, RABU - Nilai tukar rupiah bergerak tenang-tenang di tengah stabilnya mata uang global menjelang pertemuan Bank Sentral AS (Federal Reserve).

Pada perdagangan Rabu (12/8), rupiah dibuka menguat tipis ke 9.930 per dolar AS, dibandingkan penutupan sebelumnya di level 9.940 per dolar AS.

Dolar AS di pasar global kini sedang bergerak tenang menunggu keputusan The Fed. Namun yen menguat tajam oleh risk aversion setelah data ekonomi yang melemah dari China.

Euro menguat tipis ke 1,4150 dolar, dibandingkan sebelumnya di level 1,4135 dolar. Sementara dolar AS melemah ke 95,99 yen, dibandingkan sebelumnya di 97,17 yen.

Pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) diprediksi akan mempertahankan suku bunga rendah di kisaran 0-0,25% guna mendongkrak kredit dan aktivitas kredit. Namun investor akan menunggu sejumlah petunjuk dari The Fed tentang arah pemulihan ekonomi AS.

Meskipun dolar AS telah melemah akibat suku bunga rendah, namun analis menyatakan hal ini tidak akan berlanjut lama.

"Ekepektasi jangka panjang untuk suku bunga yang lebih tinggi akan mendorong permintaan dolar karena pelaku pasar mengantisipasi kebijakan moneter ketat dalam 12 bulan ke depan," jelas David Song dari Forex Capital Markets seperti dikutip dari AFP.

(dtc)
(http://banjarmasinpost.co.id/read/artikel/19275/pagi-rupiah-di-posisi-9930)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar