20090814

Konsorsium Pembelian Saham P.T. Newmont Belum Diketahui

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampai saat ini belum ada keterangan resmi siapa yang ditunjuk pemerintah untuk menjadi ketua konsorsium pembelian saham P.T. Newmont Nusa Tenggara. Walau, rumor yang beredar, P.T. Aneka Tambang Tbk (Antam) yang ditunjuk.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun saat ditanya para wartawan di sela-sela acara penyerahan Annual Report Awards 2008 tidak memberi keterangan. "Pokoknya kalau semua settingnya sudah selesai saya akan sampaikan. Sejauh ini belum," kata Sri kepada para wartawan di Jakarta, Rabu (12/8).

Menurut Sri, kepastian itu akan didapat setelah ia bertemu dengan semua pihak terkait dan presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pihak yang terkait tersebut termasuk dari P.T Newmont dan pemeritah daerah Nusa Tenggara Barat.

Lalu apakah anggaran untuk membeli 14 persen saham perusahan tambang emas dan tembaga itu sudah dipersiapkan? "Itu termasuk yang belum bisa saya bilang," katanya.

Yang jelas, pemerintah pusat memutuskan membeli saham seharga $ 492,8 juta atau kira-kira setara dengan Rp. 4,1 triliun. Persoalan ini mengemuka setelah pengadilan arbitrase di Swiss pada akhir Maret lalu memenangkan gugatan Indonesia terhadap P.T Newmont Nusa Tenggara. Implikasinya perusahaan itu harus mendivestasikan sahamnya dalam waktu 18 hari. Pemerintah pusat ditawarkan terlebih dahulu untuk membeli saham. Konsorsium tersebut, nantinya merupakan gabungan antara BUMN dengan Badan Investasi Milik Negara, seperti perusahaan investasi Indonesia (PIB).

ONE
(http://m.kompas.com/news/read/data/2009.08.13.0541191)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar