20100306

Harga Minyak Dunia Naik, Pemerintah Tak Risau


Jumat, 5 Maret 2010 | 18:02 WIB
SHUTTERSTOCK

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah tak merisaukan kenaikan harga minyak mentah dunia yang tembus hingga diatas 80 dollar AS per barrel. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, saat ini pemerintah masih berpatokan pada harga minyak mentah Indonesia (ICP) sebesar 77 dollar AS.

"Saya tidak akan bereaksi berdasarkan perkembangan yang sifatnya sesaat. Yang harus menjadi perhatian kita adalah suasana sepanjang tahun. Kan kalau kita lihat sepanjang tahun ini, yang kita usulkan 77 dollar AS per barrel itu masih bisa meng-cover risikonya," paparnya, saat ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (5/3/2010).

Meski demikian, dia mengatakan, pemerintah bakal tetap menyampaikan masukan atas perkembangan harga minyak tersebut kepada DPR. Nantinya, pemerintah dan DPR akan bersama-sama membahas mengenai kebijakan yang dapat diambil sebagai antisipasi atas kenaikan harga minyak tersebut.

"Jadi, perkembangan harga minyak ini akan jadi masukan pada pembahasan APBN-P dengan DPR. Apakah mereka menganggap itu risiko yang riil yang perlu dipertimbangkan sehingga asumsi harus diubah atau ada kebijakan-kebijakan lain," tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar